Minggu, 29 April 2012

MENU HARI INI: TUMIS Umnocharis flava Mak Recok



Waktu melihat warnanya hijau saja, aku sudah membayangkan rasanya... sssrrppphhh... sepintas aku tak dapat menghianati nafsu herbiforaku. Dan kini setelah memasaknya sepenuh hati, untuk semua orang yang kucintai di rumah ini, lalu melahapnya, seolah kau telah sekian abad tak menemukan makanan jenis ini, tumis Umnocharis flava, barulah seputar kepalaku ribut bicara:

Umnocharis flava, adalah  Genjer! Makanan ledendaris yang tambah populeritasanya saat  jaman PKI lewat lagu Genjer-genjer nang gedongan, yang membangkitkan aroma angker di era 80-an lewat film wajib tonton di setiap ‘ulang tahun’ G-30 S PKI, dan kini, genjer itu menyusup kedalam pikiranku, setelah dia merayapi pencernaanku dengan kenikmatan syurga.

Kau tahu apa yang menggangu pikiranku?
‘bagaimana jika genjer ini mengandung logam?’
Mengingat dia itu salah satu tanaman yang dianugrahkan Tuhan dengan kemampuannya sebagai Biofilter?

Bayangkan, yang baru aku tumis penuh perasaan, dan aku nikmati ini adalah ‘benda berbahaya’ yang mungkin sifatnya akumulatif dalam tubuhku. Untungnya aku bukan dalam fase menyusui, yang dapat mentransfer polutan itu.

Hanya seikat Umnocharis flava, tapi siapa yang mengira, dampak polusi mungkin saja mengotori tubuh ini, dan mengkontaminasi mental secara lebay.

Karena setelahnya, perasaan galau datang menerpa.


Tidak ada komentar: